Sabtu, 01 Januari 2011

KATA-KATA ORANG BIJAK

Seorang pembaca dari beberapa surat kabar yang bermutu tinggi, dapat belajar lebih banyak dalam waktu satu tahun dari pada sebagian besar dari pada sarjana(mahasiswa)yang belajar dalam perpustakaan mereka yang besar.

Seorang guru yang mencoba mengajar tanpa menimbulkan dan menghidup-hidupkan keinginan dan semangat belajar pada muridnya sama saja dengan orang yang menempa besi yang dingin.

Apa yang diajarkan di sekolah-sekolah dan universitas-universitas bukanlah pendidikan, melainkan ikhtiar menuju pendidikan.

Perkataan-perkataan adalah seperti halnya anak panah :
sekali engkau lepaskan tak mampu lagi engkau menguasainya lagi, oleh karena itu berbuatlah seperti orang pemanah yang berhati-hati. janganlah engkau melepaskan anak panah sebelum engkau memperhitungkan jalannya, pikirkan matang-matang sebelum mengeluarkan perkataan-perkataan.

Orang yang baik tidak bersedih hati apabila orang lain tidak mengakui jasa-jasanya. satu-satunya yang ia pikirkan ialah menjaga jangan sampai ia sendiri lalai untuk mengakui jasa-jasa orang lain.

karena hidup orang lain adalah cermin yang tebaik bagi kita untuk mempelajari hidup kita sendiri.

Luka-luka di dalam hati nurani hanya dapat disembuhkan kembali dengan air mata penyesalan.hati tak akan menjadi sedih apabila pikiran kita mencoba untuk tidak mengeluarkan air mata

Kehormatan adalah ibarat pulau yang sangat curam tanpa tebing, sekali jatuh dari pulau itu tidak daoat mendakinya kembali.

memang sudah merupakan sifat manusia, lebih banyak yang ia ingin miliki, lebih banyak lagi yang ia inginkan.

manusia tidak dipimpin oleh akalnya (pikirannya dan otaknya), melainkan dengan karakternya.


sumber : Kartono,S.H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar