Minggu, 09 Januari 2011

PENAMPILAN RAPI DAN AROMA YANG HARUM.

Penampiilan rapi dan bau badan yang harum merupakan salah satu faktor yang membuat hati orang menyukai anda. Sebagaimana dikatakan, “Perhiasan lahir menunjukkan kecenderungan batin.” Karena itu saudaraku fillah, hendaklah anda memperhatikan penampilan. Sesungguhnya ALLAH itu Maha Indah dan mencintai keindahan. Dia suka apabila melihat pengaruh nikmat- nikmatnya terlihat pada diri hambanya.

Salah satu dalil yang menunjukkan bahwa bagusnya penampilan itu merupakan salah satu faktor yang menarik minat hati orang adalah apa yang diriwayatkan oleh ‘Umar bin Khothob’,ia berkata “ketika kami sedang berada di hadapan Rasul pada suatu hari, tiba-tiba muncul dihadapan kami seseorang yang busananya sangat putih dan rambutnya sangat hitam, tidak terlihat bekas perjalanan pada dirinya dan tidak seorangpun diantara kami yang mengenalnya, sehingga akhirnya ia duduk di hadapan Rasul.
Hikmah kedatangan Jibril dengan berpenampilan yang menarik seperti ini, dimana busananya sangat putih, sedangkan rambutnya sangat hitam adalah supaya menarik perhatian, penghargaan, minat mendengar mereka terhadap ucapannya. Sebagai ulama Salaf sangat memperhatikan penampilan lahirnya sebagaimana perhatiannya kepada keadaan batinya, dan ini tidak diragukan lagi. Agama kita terdiri dari penampilan dan inti, sekaligus. ‘Abdul Malik Al-Maimuni’ berkata” setahuku aku tidak pernah melihat seseorang yang lebih bersih busananya, yang lebih memperhatikan keadaan dirinya, maupun bulu badannya, yang lebih bersih dan lebih putih busananya , daripada Ahmad bin Hanbal.

Seseorang mestilah memerhatikan busana yang dikenakannya, memakai parfum, bersiwak, menyisir jenggot, dan rambut kepala, atau ringkasnya berupa seoptimal mungkin untuk tampil sempurna dan menjauhi kekurangan, karena itu akan menarik pandangan mata, sedangkan pandangan mata akan berpengaruh kepada perasaan hati, sebagaimana ucapan bisa berpengaruh terhadap telinga.

Seorang bijak bestari mengatakan, “ Kenakanlah pakaian yang tidak membuatmu di hinakan oleh para pembesar dan tidak membuatmu dicela oleh orang-orang bijak.


SUMBER: BUKU TIPS MERAIH CINTA” ABU ABDILLAH FAISHOL AL-HASYIDI”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar