Minggu, 17 April 2011

Chernobyl Akan Peringati 25 Tahun Bencana Nuklir


KIEV – Pejabat dari sekira 50 negara akan berada di Ibu Kota Ukraina, Kiev, untuk menghadiri peringatan 25 tahun bencana nuklir Chernobyl.
“Perwakilan dari sekira 50 negara, termasuk para presiden dan perdana menteri, akan berpartisipasi dalam acara pada 19 April, sepekan sebelum peringatan bencana pada 26 April,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina, Oleg Voloshyn, seperti dikutip AFP, Minggu (17/4/2011).

Di antara mereka yang akan berpartisipasi adalah Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso, yang akan membuka pertemuan mengenai penggunaan nuklir di lingkungan warga sipil, dan Perdana Menteri Prancis Francois Fillon, yang akan menjadi salah satu relawan yang akan menghimpun dana sebesar 740 juta euro atau sekira Rp9,2 triliun untuk membantu rekonstruksi tempat penampungan baru di atas bekas sisa bencana nuklir di Chernobyl.

Selain itu, penyelenggara acara juga mengatakan, Perdama Menteri Rusia Vladimir Putin dan Presiden Kazakhtan Nursultan Nazarbayev diperkirakan akan ikut serta.
Pada 26 April akan menandai 25 tahun sejak meledaknya reaktor keempat di PLTN di Chernobyl, Ukraina. Akibat bencana tersebut radiasi menyelimuti hampir seluruh Eropa, dengan Ukraina, Belarusia, dan Rusia yang paling parah terkena radiasi.

Peringatan tersebut diselenggarakan ditengah meningkatnya kekhawatiran global akan kekuatan nuklir setelah PLTN Daiichi Fukushima di timur laut Jepang hancur terkena gempa dan tsunami pada 11 Maret.
(rhs)





http://international.okezone.com/read/2011/04/17/414/446926/chernobyl-akan-peringati-25-tahun-bencana-nuklir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar