Minggu, 10 April 2011

KAPAL SELAM TERCANGGIH

Teknologi tercanggih di bidang armada laut, ternyata sudah dimiliki Jepang puluhan tahun silam. Jepang ternyata sudah memiliki kapal selam dengan teknologi canggih saat terjadi Perang Dunia II.
Setidaknya hal itu terungkap, setelah peneliti mengumumkan penemuan kapal selam milik Jepang yang digunakan dalam Perang Dunia II, di perairan Hawaii. Kapal selam yang baru ditemukan itu diklaim pernah digunakan Jepang untuk menyerang kota-kota di Amerika Serikat (AS) dan Terusan Panama.
Kapal selam tercanggih itu, tenggelam 63 tahun silam. Teridentifikasinya kapal selam itu, setelah, pasukan AS berhasil menangkap lima kapal pada akhir Perang Dunia II, yang satu di antaranya kapal selam milik Jepang. Namun kepastian Jepang sebagai pemiliknya, baru teridentifikasi beberapa pekan ini.
Sebagaimana dilansir inilah.com, setelah berhasil menangkap lima kapal selam kala itu, pasukan AS membawanya ke Pearl Harbour untuk diidentifikasi. Kemudian dengan menggunakan submersibles dari Hawaii Undersea Research Laboratory, kapal tersebut diketahui tenggelam di lepas Pantai Oahu, pada kedalaman sekitar 2.600 meter.
Proses identifikasi kapal selam milik Jepang itu dibiayai oleh National Oceanic and Atmospheric Administration yang berlokasi di Universitas Hawaii, Manoa. Kapal selam yang ditemukan merupakan salah satu kendaraan militer tercepat yang pernah dibuat dan dapat mencapai kecepatan 20 knot saat berada di dalam laut. Seperti halnya kapal selam buatan Jepang lainnya, lambungnya dilapisi karet. Sebuah inovasi yang dimaksudkan untuk mengurangi pendeteksian radar sonar.
Direktur operasional laboratorium dan chief pilot, Terry Kerby, mengatakan kelompoknya telah mencari bangkai kapal dari era Perang Dunia II sejak tahun 1992. Dengan uji coba penyelaman, mereka memeriksa sistem submersibles sebelum melakukan eksplorasi ilmiah utama. “Kapal besar tesebut telah menjadi incaran utama di daftar kami,” kata Kerby.
“Kami dapat memilih beberapa landmark dan triangulasi untuk mendapatkan posisi kasar di mana I-14 tenggelam,” imbuhnya. Dulu, kapal-kapal selam itu dimaksudkan untuk mengancam Amerika Serikat secara langsung, tapi tidak ada serangan yang terjadi. Carl Boyd, mantan dosen sejarah di Universitas Old Dominion yang juga penulis Kekuatan Bawah Laut Jepang dan Perang Dunia II, mengatakan Angkatan Laut selalu tahu apa yang kapal selam lakukan.


http://harianjoglosemar.com/berita/kapal-selam-jepang-tercanggih-ditemukan-di-hawaii-2260.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar